Persiapan Menghadapi Pasar Bebas 2015

Sebelum kita membahas tentang persiapan menghadapi pasar bebas, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui pengertian dari pasar bebas itu sendiri.

Pasar bebas adalah suatu wadah dimana kita dengan mudah membeli atau menjual barang atau jasa secara terbuka dan seharusnya tidak ada pihak yang merasa dirugikan serta berlaku selama 24 jam penuh.

Cara yang paling tepat adalah, tidak menghadapi semua ini dengan cara biasa, melainkan dengan cara yang tidak biasa, seperti:

  1. Jujur dalam menawarkan jaminan kualitas produk dan pelayanan prima
  2. Memberikan harga produk dan jasa yang bersaing
  3. Kesadaran diri dalam melestarikan kebudayaan lokal dan tidak begitu terpengaruh dengan propaganda komersil yang melekat pada embel-embel modernitas dengan membuat barang-barang lokal berkualitas internasional
  4. Mempromosikan barang atau jasa pada lingkungan sekitar terlebih dahulu dan juga melalui internet

Ada beberapa faktor agar semua itu dapat terealisasi dengan baik, diantaranya seperti :

  1. Meningkatan kemampuan SDM Indonesia melalui pelatihan-pelatihan seperti mempresentasikan sebuah materi, video atau gambar karena dengan pelatihan yang demikian dapat memenuhi kebutuhan tukar menukar pengalaman.
  2. Bekerja dengan proses yang efisien dan efektif melalui penerapan metoda yang baik dengan standar yang yang tinggi sehingga dapat terhindar dari proses-proses yang tidak perlu dan boros kemudian dengan adanya
  3. Pendidikan karakter yang dapat dibangun dari kesadaran kritis, mulai dari kesadaran ideologi, kesadaran politik dan kesadaran organisasi. Karena dengan berorganisasi, kita akan menemukan makna bergotong royong, bertoleransi dan berempati.

Dengan demikian kita dapat menghadapi pasar bebas secara sehat tanpa menghilangkan rasa cinta kita terhadap produk dan kebudayaan lokal. Walaupun tidak mudah memang jika ingin mengubah karakter generasi muda ke arah yang kreatif dan progresif namun dengan kesadaran diri serta niat dan tekad yang kuat, tidak ada salahnya jika kita sebagai generasi muda mengubah pola pikir kita.

Sekian, selamat berkarya,selamat berinovasi, selamat berkreatifitas.🙂

Bacaan Referensi :

http://www.fokal.info

herbas-blogku.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s