Contoh Organisasi

Organisasi Gerakan Pramuka 

Organisasi Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menangani seluruh kegiatan kepramukaan yang ada di Indonesia. Organisasi ini adalah organisasi independen yang berarti tidak diatur oleh pemerintah, organisasi ini telah ditetapkan oleh keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 238 tahun 1961, pada tanggal 20 Mei 1961. Meskipun Gerakan Pramuka keberadaanya ditetapkan pada tanggal tersebut, namun Hari Pramuka jatuh pada tanggal 14 Agustus, karena pada tanggal tersebut secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia.

VISI DAN MISI GERAKAN PRAMUKA

Visi Gerakan Pramuka

“Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalahmasalah kaum muda”.

Misi Gerakan Pramuka

  • Mempramukakan kaum muda. Yang dimaksud dengan mempramukakan tidak berarti bahwa seluruh kaum muda itu dimasukkan sebagai anggota Gerakan Pramuka tetapi lebih pada tataran jiwa dan prilaku kaum muda yang sesuai dengan pramuka sebagai bagian dari masyarakat Indonesia.
  • Membina anggota yang berjiwa dan berwatak Pramuka, berlandaskan iman dan taqwa (Imtaq) serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Bahwa semua sendi program pendidikan yang dilaksanakan Gerakan Pramuka harus dilandaskan pada Iman dan taqwa dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga apapun yang dilakukan perlu mengikuti perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pada eranya.
  • Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara. Gerakan pramuka memiliki salah satu tugas yakni menyiapkan kader bangsa sehingga diperlukan adanya pendidikan yang khusus. Untuk itu, karena disadari bahwa perlunya pendidikan bela negara sebagai bagian dari kebutuhan bangsa dan negara.
  • Menggerakkan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan. Hal ini dilakukan untuk memantapkan jati diri Gerakan Pramuka melalui kode kehormatannya dan sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan pada lingkungan sekitarnya.

FUNGSI GERAKAN PRAMUKA

  1. Merupakan kegiatan menarik yang mengandung pendidikan bagi anak – anak, remaja dan pemuda.
  2. Merupakan suatu pengabdian (job) bagi para anggota dewasa yang merupakan tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan dan pengabdian.
  3. Merupakan alat (means) bagi masyarakat, Negara atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, alat bagi organisasi atau Negara untuk mencapai tujuannya.

LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan citacita setiap anggota Gerakan Pramuka. Lambang tersebut diciptakan oleh Soenardjo Admodipura, seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian dan kemudian digunakan sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972. Lambang Gerakan Pramuka berupa Gambar siluet tunas kelapa sesuai dengan SK Kwartir Nasional No. 6/KN/72 Tahun 1972, telah mendapat Hak Paten dari Ditjen Hukum dan Perundangan-undangan Departeman Kehakiman, dengan Keputusan Nomor 176634 tanggal 22 Oktober 1983, serta No. 176517 tanggal 22 Oktober 1983 tentang Hak Paten tulisan Pramuka (Kwartir Nasional. 40 Tahun Gerakan Pramuka).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STRUKTUR ORGANISASI GERAKAN PRAMUKA

upload

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Referensi :

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/456/jbptunikompp-gdl-aangarikas-22795-9-unikom_a-i.pdf

http://rizkihidayat09.wordpress.com/pramuka/tekpram/b-fungsi-kepramukaan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s