Pengertian Prosedur

Tugas 1.2 Pengertian Prosedur

Menurut KBBI online prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas; dan atau metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah.  Sedangkan menurut pengertianahli.com, prosedur adalah peraturan. Lebih lengkapnya, prosedur adalah aturan bermain, aturan bekerja sama, aturan berkoordinasi, sehingga unit-unit dalam sistem, subsistem, sub-sub sistem, dan seterusnya dapat berinteraksi satu sama lain secara efisien dan efektif. Sedangkan, menurut The Macquarie Dictionary, prosedur adalah perbuatan atau cara kerja dalam segala tindakan atau proses. Dalam bidang manajemen, prosedur dapat didefinisikan sebagai langkah-langkah pentahapan dan urutan-urutan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Prosedur adalah bagian dari struktur teknis dari sebuah organisasi.

Sedangkan Wikipedia berpendapat, prosedur adalah serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang sama agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama (contohnya prosedur kesehatan dan keselamatan kerja).
Prosedur dapat diartikan juga :
• Instruksi atau resep, serangkaian perintah yang menunjukkan bagaimana menyiapkan atau membuat sesuatu
• Subrutin atau metode (ilmu komputer), sebuah sub program yang merupakan bagian dari program yang besar
• Algoritma, dalam matematika dan ilmu komputer, serangkaian operasi atau perhitungan untuk menyelesaikan tugas tertentu
• Prosedur operasi standar
• prosedur hukum
• prosedur parlemen

Jadi dapat saya simpulkanprosedur adalah serangkaian aksi yang spesifik yang memiliki aturan main sebagai langkah-langkah pentahapan dan urutan-urutan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan secara efisien dan efektif dalam memecahkan suatu masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s