Dasar-dasar Pemrosesan Komputer

BAB V

Dasar-dasar Pemrosesan Komputer

 

1. Pendahuluan

1.1. Latar Belakang

Computer adalah serangkaian atau kelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah system kerja yang rapi dan teliti.

Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
– Prosesor
– Memori
– Penyimpanan sekunder
– Perangkat Input
– Perangkat Output

2. Teori

2.1. Arsitektur Komputer

􀂉 Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.
􀂉 Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.
􀂉 Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer.
􀂉 Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.

2.1.1. Peralatan Input

Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu input sinyal dan maintenance. Input sinyal adalah data atau program yang dimasukan ke dalam sistem komputer. Sedangkan maintenance adalah program yang digunakan untuk mengolah data input sinyal.

a. Keyboard

Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.

b. Alat Penunjuk

  • Mouse
  • Trackball
  • Touch Screen
  • Light Pen
  • Unit Remote Control

c.  Alat Input Otomatis Data Sumber

  • Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
  • Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).

d.  Alat Input Pengenal Suara

Unit pengenal suara (speech recognition unit)

  • Mikropon
  • Automatic Speech Recognation (ASR)
  • Touchtone

e. Alat Input Video

Video Camera recorder atau Camcoder

f. Alat Input Penerima Gerak

  • Headset
  • Glove
  • Walker
2.1.2. Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder

􀂉 Penyimpanan komputer (computer storage) ada dua bentuk dasar yaitu primer dan sekunder.
􀂉 Penyimpanan primer biasanya disebut main memori.
􀂉 Tehnologi IC utk menyediakan random access memori (RAM) yg digunakan utk menyimpan perangkat lunak dan data
􀂉 Read Only Memori (ROM) untuk menyimpan material seperti intruksi pada saat komputer dinyalakan dan cache memori.

2.1.3. Peralatan Output

Dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :

  • Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
  • Audio

2. Hardcopy, terdiri dari :

  • Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
  • Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le bar
  • Computer Output Microfilm (COM)
2.2. Software

Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :

2.2.1. Sistem Operasi

A.    Perangkat Lunak Sistem

  1. Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
  2. Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
  • Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras.
    Contoh : Windows XP, DOS, UNIX

Ada enam fungsi dasar sistem operasi :

  1. Menjadwalkan Tugas
  2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
  3. Menjaga keamanan sistem
  4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
  5. Menangani Interrupt
  6. Menyiapkan catatan pemakaian
  • Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.

    • Penerjemah Bahasa Komputer

– Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)

– Bahasa Generasi Kedua, Assembler

– Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter

– Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :

  1. Database Query Language
  2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
  3. Very High Level Language : PASCAL, APL
  4. Graph Generators : paket grafik
  5. Report Writer : COBOL, RPG
  6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
2.2.2. Aplikasi

1. Pemrograman Sendiri

Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.

2. Paket Jadi

Ada empat kelompok besar :

  • Paket Aplikasi Bisnis Umum
  • Paket Aplikasi Khusus Industri
  • Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
  • Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
2.3 Peranan Peralatan Input Dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah

Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

3. Analisis

Computer adalah serangkaian atau kelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah system kerja yang rapi dan teliti.

Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu input sinyal dan maintenance.  Sedangkan peralatan output terdiri dari softcopy (monitor & audio) dan hardcopy yang terdiri dari printer, plotter & computer output microfilm (COM).  Perangkat lunak atau software terbagi menjadi dua yaitu sistem operasi seperti windows, DOS, & UNIX serta perangkat lunak aplikasi.

Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

4. Referensi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s