Bagian yang Terkait dan Tugas Pada Siklus Pendapatan

3.2. Bagian yang Terkait dan Tugas Pada Siklus Pendapatan

  1. Berikut bagian yang terkait dan tugas pada siklus pendapatan adalah sebagai berikut :
1.      Fungsi Penjualan Bagian Penjualan
2.      Fungsi pemberi otorisasi kredit Bagian Otorisasi Kredit
3.      Fungsi Pencatatan Piutang Bagian Pencatatan
4.      Fungsi Penyimpanan Barang Bagian Gudang
5.      Fungsi Pengiriman Barang Bagian Pengiriman
6.      Funsi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Bagian Kasir

<style=”text-align: justify;”>Penjelasan tanggung jawab setiap bagian dan tugas yang terkait dalam transaksi penjualan kredit tersebut diuraikanberikut ini:

<style=”text-align: justify;”>Fungsi Penjualan.

<style=”text-align: justify;”>Dalam sistem penjualan kredit, fungsi ini bertanggungjawab menerima pesanan dari pelanggan, lalu mencatat pesanan tersebut dalam sistem linkport PDA, dan mengisi surat order pengiriman. Bagian ini juga menerima faktur penjualan yang dihasilkan dari proses penagihan sales.Fungsi ini juga merangkap dengan fungsi penagihan. Setelah memeriksa kesesuaian faktur dengandokumen penagihan sales, kemudian melakukan penagihan kepada pelanggan dengan memberikansalinan faktur penjualan. Fungsi ini juga menerima pembayaran dari pelanggan.

Fungsi Otorisasi Kredit.
Fungsi ini bertanggung jawab untuk meneliti status kredit pelanggan danmemberikan otorisasi pemberia kresit kepada pelanggan berdasarkan surat order penjualan.
Fungsi Pencatatan.
Fungsi ini bertanggungjawab untuk mencatat piutang yang timbul dari transaksipenjualan kredit. Membuat faktur penjualan, surat pengiriman barang, surat bongkar muat barang,dan laporan penjualan dan menyetorkan laporan tersebut ke kantor pusat. Selain itu, fungsi ini jugabertanggung jawab untuk menginput data dan cetak surat pengiriman barang yang diperolehdatanya dari bagian pengiriman, serta input data dan cetak laporan setoran sales.
Fungsi Gudang.
Dalam sistem penjualan kredit, fungsi ini bertanggung jawab untuk menyiapkanbarang yang akan dikirim ke pelanggan atas dasar surat bongkar muat barang yang diperoleh darifungsi pencatatan. Barang tersebut kemudian diserahkan ke bagian pengiriman.
Fungsi Pengiriman.
Fungsi ini menerima surat pengiriman barang dan salinan faktur penjualan yangditerima dari funsi pencatatan. Kemudian dokumen tersebut dicocokkan dengan barang yang telahdisiapkan oleh bagian gudang. Setelah mengirim barang dan menyerahkan copyan faktur penjualanke pelanggan, surat pengiriman barang dan faktur penjualan disahkan dan diserahkan ke bagianpencatatan.
Fungsi Kasir.
Fungsi ini menerima laporan setoran sales dan uang dari bagian pencatatan. Kemudianmencatat hasil setoran dan mencetak laporan realisasi penjualan. Dokumen laporan setoran salesdiserahkan ke sales manajer, uang disetorkan ke bank dan laporan realisasi penjualan disampaikanke kantor pusat
sumber : http://www.academia.edu/5141433/TUJUAN_AUDIT_TERHADAP_SIKLUS_PENDAPATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s